Lakukan Tips Berikut agar Anak Terhindar dari Kecanduan Game Online

Lakukan Tips Berikut agar Anak Terhindar dari Kecanduan Game Online! Saat ini kita semua tentu sadar tengah hidup pada zaman yang serba digital. Belum lagi berbagai jenis video games yang semakin banyak bermunculan. Memang masyarakat menyambut baik keberadaan permainan ini. Akan tetapi, jika diteruskan maka dampaknya tidak akan baik.

Segala sesuatu pasti ada dampak yang menyertai. Game online tidak selamanya memberikan dampak negatif terhadap anak. Akan tetapi, jika tidak tahu cara menyikapinya, maka keberadaan game online juga berpeluang menimbulkan hal buruk lain, diantaranya kecanduan.

Daftar Cara Mengendalikan Kecanduan Game Online

Mengalihkan dengan Hobi

Percaya atau tidak, hobi dapat menghindarkan seseorang dari berbagai dampak negatif, termasuk kecanduan bermain game online ini. Oleh karena itulah sering kita jumpai orang-orang yang memang concern dalam bidang kesehatan mental menganjurkan agar seseorang setidaknya mempunyai dua hobi yang memang menjadi hobi.

Mungkin kita akan sedikit bingung disini. Apa maksud dari hobi yang memang menjadi hobi itu. Singkatnya begini, ada beberapa orang yang menjadikan hobi mereka sebagai ladang komersil. Apabila hal ini terjadi, maka tidak akan bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan game online terhadap mereka.

Alihkan perhatian anak agar tidak terus-terusan berpikir mengenai bermain game. Ajak mereka bercerita, berkebun, atau hal apapun yang membuatnya senang, lupa akan game, dan akan lebih bagus lagi jika bermanfaat untuk pengembangan soft skill mereka.

Membatasi Jam Bermain

Cara mengatasi kecanduan game online berikutnya adalah dengan membatasi jam bermain. Sebagian dari kita tentu sudah tahu bahwa tidak hanya ada dampak negatif saja dari fenomena game online ini, melainkan juga dampak positif. Apabila seseorang atau anak sudah terindikasi kecanduan game online, kalian sebagai orang tua berkewajiban untuk memastikan hal ini.

Batasi jam mereka bermain dalam satu hari. Berlakulah tegas ketika batas waktu itu sudah sampai. Akan tetapi, sebelumnya kalian sudah harus menjelaskan pada mereka mengenai kebijakan ini. Jelaskan dengan baik agar mampu dimengerti dengan baik pula. Ingat, sosialisasi yang benar kadang juga bisa menyelesaikan masalah, lho!

Memilihkan Jenis Permainan

Sebagai orang tua sudah seharusnya kalian memberikan perhatian khusus pada anak. Apalagi era sekarang, dimana kemunculan video games tidak dapat dikendalikan lagi. Berbagai tindakan yang mengarah pada violence pun sering ditampilkan sebagai salah satu grafis dan gameplay permainan. Oleh karena itu kalian harus tahu cara mengatasi kecanduan game online dengan cara memastikan bahwa game online pilihan anak-anak sudah sesuai dengan usianya atau belum.

Sekali lagi, langkah paling tepat yang bisa diambil yaitu proses sosialisasi yang benar. Jelaskan secara rinci dan baik-baik pada anak mengapa permainan ini boleh dan permainan itu tidak boleh dimainkan. Dengan cara tersebut, anak akan tahu dan kelak secara otomatis akan menghindari permainan yang kalian larang tersebut. Fyi, permainan dengan unsur violence memang memiliki efek candu yang cukup kuat.

Memasang Mode Orang Tua sebagai Pengawasan

Sejak beberapa waktu lalu, sudah banyak developer smartphone yang menambahkan mode khusus bagi orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka ketika bermain gadget. Terobosan baru ini juga bisa kalian pilih sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan game online pada anak-anak.

Nantinya, dengan fitur ini kalian bisa mengecek apa saja yang dilakukan anak dengan gadget mereka. Kalian juga bisa menambahkan setting waktu untuk batasan lama bermain. Dengan demikian, gadget anak akan otomatis berhenti bekerja setelah melewati jam batasan tersebut.

Semoga beberapa cara mengatasi kecanduan game online pada anak di atas dapat membantu kalian menyelesaikan masalah yang ada. Selamat mencoba dan semoga berhasil!